Sabtu, 29 Oktober 2011

Segmentasi berdasarkan Pemakaian Produk (tingkat konsumsi)

Pada pola segmentasi ini, pasar dipilah. berdasarkan tingkat / volume konsumsi yang dilakukan oleh masing-masing kelompok konsumen dalam menggunakan/ mengkonsumsi produk. Pola ini biasanya diterapkan untuk kategori produk konsumsi/produk yang habis dipakai, seperti misalnya makanan, rokok. Kategori tingkat konsumsinya adalah sebagai berikut :

1. Pemakai berat / Pecandu
2. Pemakai rata-rata / sedang
3. Pemakai ringan

Segmentasi berdasarkan Generasi/Cohort
Pada pola ini, pemilahan segmen pasar didasarkan pada era / generasi yang dialami oleh masing-masing kelompok dalam masyarakat. Asumsinya, setiap era memiliki pola konsurnsi yang berbeda baik dari segi pemilihan jenis produk yang dikonsumsi maupuan cara penggunaannya.
Kedua hal ini tentunya akan berpengaruh pada pilihan merk dan proses keputusan membeli. Contoh : Segmentasi yang dilakukan oleh perusahaan rekaman dalam memilih lagu untuk dijadikan album selalu mengikuti selera penggemar lagu yang mengikuti era / generasi, seperti generasi Rock & Roll, Disco, Breakdance, Rap, dst.
Segmentasi berdasarkan generasi tersebut adalah :
1. Generasi Kemerdekaan (kelahiran 1921- 1935)
2. Generasi Tritura (1936- 1950) -
3. Generasi Perang Dingin (1951-1960)
4. Generasi Komputer (1961-1970)
5. Generasi Internet (sesudah 1970)

Segmentasi berdasarkan Teknografi
Pada pola ini, segmentasi pasar dilakukan berdasarkan kriteria orientasi dan sikap seseorang / konsumen terhadap teknologi, dengan pengelompokan sebagai berikut :
1. Kelompok yang berorientasi pada keluarga
       Tradisionalis,   mengutamakan   produk   hiburan   (VCR, VCD, DVI }
        Neo-heartminder,   lebih   sensitif   terhadap   teknologi (komputer)
2.      Kelompok yang berorientasi karir
       Fast-forward, profesional sibuk
       Techno-striver   (konsumen   masa   depan,   tapi   belum cukup uang)
     • Hand shakers (menyerahkan   pemakaian   teknologi kepada staf / pembantu)
3.  Kelompok yang berorientasi status
        Cyber snob, penggemar teknologi baru
  X-tech,    penggemar teknologi baru tapi uangnya pas-pasan
        Country Clubber, cenderung ikut-ikutan
4. Kelompok yang berorientasi hiburan
        Mouse potatoes,mereka yang haus hiburan
        Gadget Grabers, mereka yang uangnya pas-pasan
        Media junkies, mereka yang tidak sabar tetapi senang yang sederhana
5. Kelompok diluar keempat kelompok di atas
       Mereka yang kurang tertarik pada teknologi dan kurang percaya bahwa teknologi dapat menyejahterakan mereka.

Segmentasi berdasarkan Loyalitas Merk
Segmentasi berdasarkan loyalitas dapat dilihat dari pola urutan pemilihan merk yang dibeli konsumen dalam suatu rentang waktu tertentu.

          Tipe Loyalitas                      Pola pemilihan Merk
1. Undivided Loyalty                   (AAAAAA)
2. Divided Loyalty                        (ABABAB)
3. Unstable Loyalty                       (AAABBB)
4. No Loyalty                                (ABCDEF)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar